Pages

Friday 2 January 2015

PEMBERSIH RUMAH BISA MENIMBULKAN LEDAKAN!!

Produk pembersih rumah menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga di perkotaan saat ini. Produk yang mudah digunakan dan efektif seperti ini merupakan kesukaan konsumen. Setiap Anda pasti tahu bahwa produk permbersih memiliki kandungan kimia namun tidak banyak yang menyadari efeknya. Dari efek yang ringan seperti mual, pusing, gatal, batuk, sampai yang berat seperti iritasi, luka bakar, asma, kanker dan bahkan kematian serta kebutaan.

Anda perlu mencari tahu efek berbahaya dari setiap kandungan kimia yang terlampir di belakang produk supaya Anda bisa lebih waspada. Reaksi racun yang sangat membahayakan, contohnya seperti campuran ammonia dan klorin yang bisa menimbulkan zat beracun yang sangat mudah meledak. Kami bagikan 4 diantaranya:

1.       Fosfat / Phosphate

Zat ini ada di detergen, pembersih serba guna, pencuci piring, dan pembersih kamar mandi. Namun banyak yang tidak mengetahui kalau zat ini juga terdapat pada racun tikus dan efek ini bisa mematikan pada tubuh. Terkontaminasi fosfat dapat menyebabkan kram perut, iritasi kulit, dan kerusakan organ dalam dan bahkan kematian.

2.       Larutan Alkali

Larutan ini bisa Anda temui di soda api, pembersih toilet, pembersih oven, dan sabun mandi. Alkali sangat efektif menghancurkan kotoran dan lemak. Ketika tubuh Anda terus menerus terkena alkali akan bisa menyebabkan pembakaran pada saluran pernapasan, iritasi kulit akut, kerusakan organ, hingga kematian.

3.       Amonia

Zat ini biasanya terkandung pada produk untuk membersihkan porselen, pembersih kaca dan pembersih serba guna. Pada umumnya zat ini berwujud gas tanpa warna dan memiliki bau yang menyengat. Efek kontaminasinya bisa mengakibatkan iritasi saluran pernapasan, kebutaan, iritasi kulit akut, kerusakaan paru-paru, hingga kematian.

4.       Klorin / Hipoklorit

Klorin ada pada produk pemutih pakaian, pembersih serba guna, pembersih kolam renang, dan pembersih kamar mandi. Klorin atau yang sering dikenal dengan nama kaporit memiliki bau yang tajam dan memiliki fungsi untuk membunuh kuman. Jika Anda terpapar dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan batuk, sesak napas, iritasi kulit, kerusakan lapisan kolagen, dan ederma paru-paru (peningkatan cairan di paru-paru) hingga kematian.

Dengan Anda mengetahui efek dari setiap zat kimia yang terkandung dalam produk yang Anda gunakan akan membuat Anda dan keluarga menjadi lebih waspada.

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.