Pages

Wednesday 31 December 2014

HATI-HATI DENGAN 5 BARANG INI!

Barang ini pasti sering Anda temui dan diantara Anda pasti ada yang masih menggunakannya. Ternyata 5 barang ini berbahaya jika Anda menghirupnya langsung. Apa bahayanya? Mari kita simak. Dan kami berikan juga solusinya untuk Anda.

INSEKTISIDA

Negara seperti Indonesia merupakan negara yang akrab sekali dengan berbagai serangga, dari nyamuk sampai kecoa pun ada. Jadi tidak heran, produk pembasmi serangga selalu siap siaga di rumah. Tahukah Anda bahwa produk ini memiliki bahan kimia yang berbahaya? Ada 2 bahan kimia yang ada di produk pembasmi serangga yaitu karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker dan mutagenik yang memiliki potensi untuk merusak sel. Obat nyamuk bakar adalah produk yang paling beracun dan kemudian disusul oleh produk yang berbentuk semprot dan listrik.

Kami sarankan agar Anda tidak berada di dalam ruangan yang baru saja disemprot insektisida selama minimal 1 jam. Tunggu sampai baunya pudar ataupun sudah tidak tercium lagi. Atau Anda bisa membeli lampu sinar biru sebagai pilihan pengganti insektisida.

KAMPER

Kamper atau kapur barus (naftalen) dikenal sebagai barang untuk menghilangkan bau di kamar mandi ataupun lemari. Produk ini berbahaya jika terpapar langsung ke kulit atau pernapasan. Ada zat kanker di dalamnya yang bisa menyerap dan mengganggu system syaraf.

Pastikan Anda jangan menggunakannya secara berlebihan agar baunya tidak menyengat. Bagi Anda yang memiliki anak di rumah, jauhkan dari jangkauan mereka karena anak kecil sangat mudah tertarik pada benda berwarna. Perhatikan juga batas kadaluwarsanya agar lebih aman digunakan.

TISU

Tahukah Anda tisu yang Anda gunakan bisa menjadi penyebab kanker? Tisu mengandung serat selulosa dan dioksin (pemutih) yang dapat terhirup ketika Anda menggunakannya untuk menutup hidung. Rontokan ini jika terakumulasi memiliki potensi menjadi penyebab kanker di paru-paru.

Anda bisa mengetesnya dengan merendam tisu. Jika airnya semakin keruh maka kadar pemutihnya semakin tinggi. Lebih baik Anda gunakan sapu tangan untuk menutup hidung Anda dibandingkan tisu.

LILIN PARAFIN

Jangan sering menyalakan lilin di rumah termasuk lilin aromaterapi karena lilin memiliki kandungan parafin. Parafin yang terbakar dan terhirup bisa menyebabkan berbagai gangguan sistem pencernaan dan memiliki efek karsinogenik.

Lebih baik Anda mengganti lilin dengan lampu darurat ketika mati listrik melanda rumah Anda. Disarankan juga Anda menggunakan pengharum ruangan yang alami daripada membakar lilin aromaterapi yang mengandung zat kimia.

PEWANGI LANTAI

Melihat lantai yang bersih dan wangi pasti menjadi kesukaan para ibu. Tahukah Anda sebenarnya fungsi utama pewangi adalah untuk menyamarkan bau yang menyengat? Campuran kimia yang berada di dalamnya mengandung CFC (cloroflourocarbon). Kandungan ini merupakan pemicu utama lubang ozon. Dampak bagi tubuh Anda bisa menyebabkan kematian saraf penciuman, iritasi kulit, dan gangguan pernapasan. Dan pewangi lantai juga ada dalam produk pembersih lantai.

Ada baiknya Anda mulai memperhatikan efek samping setiap produk sehari-hari yang Anda gunakan. Jika ada pilihan lain yang bisa Anda gunakan, kami sarankan untuk menggunakan alternatifnya. Kesehatan Anda dan keluarga merupakan prioritas utama :)

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.