Pages

Monday 29 December 2014

HARGA DAN KOMPONEN MESIN REVERSE OSMOSIS (RO)

Komponen mesin RO terdiri dari 5 cartridge, tangki penyimpanan air dan keran atau dispenser.


Cartridge 1

Ukuran sedimen 5 mikron yang berisi selulosa dan memiliki pekat resin. Fungsinya untuk menyaring senyawa kimia dan partikel padar seperti kapur, lumpur, pasir, tanah, dan sejenisnya. Jika Anda menggunakan air dari PDAM, disarankan untuk mengganti komponen di dalamnya setiap 1 bulan 1x karena semakin kotor air, komponennya pun harus lebih sering diganti. Harga komponennya termasuk murah yaitu berkisar Rp 10.000,- / buah.

Cartridge 2

Cartridge ini memiliki karbon aktif berbutir yang memiliki fungsi untuk menyerap rasa dan bau dari senyawa organic, termasuk klorin dan benzana. Dengan menggunakan air PDAM, Anda bisa menggantinya setiap 3 bulan 1x. Harga komponennya berkisar Rp 15.000,- / buah.

Cartridge 3

Cartridge bagian ini memiliki filter jenis carbon block dengan fungsi untuk menyempurnakan cartridge sebelumnya dari bahan kimia, rasa, dan bau. Komponen ini bisa Anda ganti 6 bulan 1x untuk pemakaian air ideal seperti PDAM. Kisaran harga komponennya sama seperti cartridge 2 yaitu sebesar Rp 15.000,- / buah.

Cartridge 4

Di cartridge ini, bakteri dan virus dibunuh karena di dalamnya memiliki membran dengan ukuran 0,0001 mikron yang hanya melewatkan molekul air dan membuang segala sesuatu yang mempengaruhi ketidakmurnian dalam air yang bisa berbahaya terhadap kesehatan, seperti atom panas, virus, senyawa logam berat dan ion. Penggantiannya bisa dilakukan setiap 1 tahun 1x. Hal yang perlu diperhatikan adalah di indikatornya yaitu jika air tidak keluar maka membrane harus diganti. Harganya Rp 250.000,- / buah.

Cartridge 5

Fungsinya untuk menjaga air yang disimpan karena memiliki memiliki karbon aktif berbutir yang digunakan setelah filterisasi. Komponen ini diganti tiap 1 tahun 1x dengan harga kisaran Rp 25.000,-/ buah.
Setiap penggantian cartridge 1-3 dan 5 tidak harus sama jangka waktu penggantiannya karena Anda perlu memperhatikan sumber air yang digunakan kotor atau tidak. Jika semakin kotor, Anda semakin cepat menggantinya.

Tangki Penyimpanan Air

Setiap merk memiliki kapasitas yang berbeda dan memiliki fungsi untuk menyimpan air hasil filteralisasi.

Keran / Dispenser

Tempat keluar air untuk siap diminum.

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.