Pages

Thursday 4 December 2014

TIPS MEMILIH LOKASI HUNIAN IDEAL

Setiap dari Anda pasti ingin sekali memiliki hunian ideal dan idaman. Ada yang suka minimalis dan modern, ada juga yang suka tipe tradisional. Ada yang suka alam bahkan memiliki mimpi untuk mempunyai hunian di daerah seperti pegunungan ataupun pantai. Dan tidak sedikit juga yang menaruh nuansa alam di interior ataupun eksteriornya. Saat ini juga sudah mulai ditemukan hunian berdasarkan musim atau atmosfer berdasarkan negara di dunia seperti hunian tropis atau hunian yang memiliki nuansa summer. Apapun pilihan hunian idaman Anda, lokasi menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan.


Berikut tips sederhana untuk membantu Anda dalam memilih lokasi hunian yang ideal:

1.       Pilih Lokasi Sesuai dengan Kehidupan Anda

Anda tipe sosialita? Atau lebih menyukai lingkungan yang tenang? Lingkungan dari lokasi hunian yang Anda pilih perlu Anda sesuaikan dengan karakteristik Anda. Pasti Anda tidak ingin tinggal di hunian yang kurang nyaman karena kesalahan dalam memilih karakter lingkungan. Contoh bagi Anda yang suka kehidupan sederhana dan tenang namun tetap bisa bersosialisasi antar penghuni, Anda bisa memilih lokasi lingkungan town house dengan penghuni-penghuni yang lebih banyak pasangan muda dan memiliki tempat public seperti taman atau swimming pool karena biasanya di waktu-waktu tertentu para penghuni berkumpul di lokasi tersebut seperti ketika pada sore hari atau weekend atau hari libur.


2.     Pengembang atau Developer Terpercaya

Anda bisa menemukan banyak pengembang atau developer khususnya di perkotaan. Jangan sampai Anda salah memilih developer karena faktor promosi atau harga yang lebih murah. Faktor tersebut boleh dipertimbangkan tetapi jangan sampai Anda melupakan faktor penting lainnya. Anda bisa melakukan pengecekan kredibilitas dari developer tersebut, baik melalui internet seperti informasi mengenai perusahaan tersebut dan komentar dari masyarakat karena saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang mengungkapkan pendapat dan keluh kesahnya di media internet. Anda pun juga bisa mengetahuinya dari penghuni di kawasan perumahan tersebut mengenai kualitas pelayanan developer seperti bagaimana respon dan tindakan pengembang jika ada keluhan dari pembeli rumah karena tidak sedikit developer yang lepas tangan ketika menerima keluhan dari para pembeli.


3.    Infrastruktur

Faktor kebutuhan utama yang nyaman dan aman sangat diinginkan oleh setiap orang. Begitu juga dalam penentuan lokasi hunian. Anda bisa membuat daftar kebutuhan infrastruktur utama ketika Anda melakukan pengecekan, seperti apakah jalan di kawasan tersebut tidak rusak, selokan yang bersih dan mengalir, jarang mengalami pemadaman listrik, air yang bersih dan aman digunakan, dan kebutuhan utama lainnya. Banyak orang yang baru menyadari setelah mereka tinggal di lokasi tersebut dan tidak sedikit yang mengeluhkannya. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya.


4.     Jalur Utama Mudah Diakses

Anda pasti sering menemukan iklan dari para pengembang menunjukkan mudah dan cepatnya akses jalan utama atau dekatnya dengan fasilitas public ke kawasan perumahan yang mereka jual, seperti hanya 10 menit dari gerbang tol bandara atau hanya 15 menit ke terminal bis. Anda jangan sampai terkecoh. Kehidupan di perkotaan begitu padat dan waktu yang sangat cepat bukan lagi hal yang sangat mudah Anda temui. Memang pada saat tertentu waktu yang disampaikan di iklan bisa Anda alami tetapi itu tidak selalu terjadi. Misalnya jika di saat jam kantor, lokasi tersebut sangat macet dengan waktu mencapai 1 jam dan 10 menit itu terjadi hanya pada waktu malam hari ketika masyarakat sudah selesai beraktivitas. Anda perlu melakukan pengecekan atau uji coba di saat-saat tertentu, bahkan saat ini libur pekan bisa lebih padat dibanding hari biasa dan jika cuaca tidak cerah seringkali tingkat kemacetan lebih luar biasa daripada waktu biasanya. Faktor kendaraan umum yang melalui kawasan tersebut juga perlu menjadi pertimbangan Anda.


5.   Kualitas Bangunan

Anda pernah mendengar keluh kesah teman atau saudara Anda ketika mereka membeli rumah baru dengan betapa banyaknya kerusakan yang dialami? Rumah yang bocor ketika musim hujan tiba, saluran pembuangan air yang tidak lancar, dan berbagai masalah lainnya. Anda bisa melakukan pencegahan sebelum Anda menempatinya dengan cara membuat check list sebelum membeli seperti pondasi, lantai, dinding, kusen, plafon, atap, saluran air, ventilasi dan sebagainya. Ada baiknya Anda mengajak orang yang memiliki pengalaman atau ahli di bidang bangunan karena kualitas bangunan tidak mudah terlihat. Dan seringkali kualitas bangunan baru disadari ketika ditempati atau diuji oleh faktor eksternal terjadi, contohnya hujan. Meski mungkin tidak 100% bisa dicek secara keseluruhan namun ada baiknya Anda meminimalisir sebelum masalah menimpa rumah Anda sehingga Anda terhindar dari pengeluaran biaya yang seharusnya tidak terjadi. 


6.  Bebas Banjir

Buat masyarakat yang tinggal di perkotaan atau hunian yang padat, mencari lokasi yang bebas banjir menjadi salah satu kriteria utama yang diinginkan. Saat ini kawasan perumahan bebas banjir lebih banyak ditemukan di daerah pinggiran kota atau perbatasan. Namun Anda tetap bisa menemukannya di pusat kota. Anda bisa mengecek kebenarannya melalui mereka yang sudah menghuni dalam waktu yang cukup lama di daerah tersebut.


7.    Dekat atau Terjangkau dengan Fasilitas Publik

Anda memiliki anak yang sebentar lagi akan masuk usia sekolah? Anda sering sekali berbelanja kebutuhan dapur dan sehari-hari di pasar? Upayakan Anda mencari lokasi yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari Anda bahkan juga pelayanan public yang penting seperti rumah sakit, lokasi praktek dokter, pompa bensin, kantor polisi, tempat pemadam kebakaran karena Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkannya.


Kini saatnya Anda hunting lokasi idaman Anda :)

Images Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.