Pages

Sunday 28 December 2014

YUK, MINUM AIR KERAN DI RUMAH

Anda pasti memiliki air kemasan seperti galon di rumah meskipun Anda bisa saja masak air. Saat ini kebanyakan rumah pasti memiliki dispenser atau galon. Kepraktisan dan serba cepat sudah menjadi kebutuhan utama buat masyarakat yang hidup di perkotaan.

Tahukah Anda bahwa air kemasan yang Anda beli merupakan hasil olahan dari suatu sistem? Sebenarnya Anda pun juga bisa mengolahnya sendiri di rumah. Anda hanya butuh memiliki alatnya dan Anda akan berasa seperti tinggal di luar negeri yang bisa mengkonsumsi air langsung dari kerannya. Salah satu alat pengolahan air yang dikenal adalah Reverse Osmosis (RO). Alat ini akan membantu mengurangi biaya pengeluaran Anda untuk pembelian gallon tiap bulannya.

Apa tuh RO?

RO adalah proses pemurnian air melalui membran semipermeable yang besar lubangnya yaitu 0,0001 mikron sehingga hanya air murni saja yang dapat melewati membran ini. Kotoran dan bakteri tidak bisa menembusnya sehingga air terjaga dan layak dikonsumsi.

Dengan penggunaan alat pengolahan air di rumah, kualitas air lebih terjaga karena alat ini bisa Anda rawat dan jaga dengan baik, yang belum tentu dilakukan oleh alat pengolahan air di luar. Selain itu, Anda sebagai pemilik rumah mengetahui sumber air di rumah Anda sehingga bisa Anda kontrol. Kalau di luar, Anda belum tentu tahu darimana sumbernya berasal.

Cara Pilih RO

Sumber air yang Anda gunakan di rumah merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menggunakan Reverse Osomis karena proses pemurniannya berbeda. Kalau Anda tinggal dekat laut, ada kemungkinan menggunakan sumber air laut, tidak selalu sumber air di lokasi rumah menggunakan air tawar. Perbedaan proses pengolahan ini terletak pada membran di dalam catridge.

Sumber air yang bisa diolah tidak hanya air laut ataupun air tawar, RO bisa juga mengolah air sumur, sungai, sawah dan danau. Namun yang perlu Anda ketahui, semakin jelek kualitas air yang perlu diolah, semakin cepat pula komponen catridge harus Anda ganti.

Cara Penggunaan RO

Anda tak perlu kuatir memikirkan tempat yang besar untuk menaruh RO karena RO untuk rumah tangga dirancang dalam ukuran kecil. Dan penggunaannya tidak merepotkan Anda. Biasanya filter air yang berukuran besar dihubungkan dengan pompa air. Sedangkan RO (5 buah catridge) ini hanya perlu dihubungkan dengan keran atau dispenser khusus.

Anda hanya perlu memperhatikan posisi letaknya. Pastikan Anda meletakkan alat ini di ruangan yang tidak lembap dan memiliki sirkulasi udara yang bagus karena ini mesin pengolah air minum. Taruhlah di posisi yang strategis sehingga bisa dijangkau oleh semua penghuni rumah Anda, contohnya dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Supaya tidak mengganggu tatanan desain ruangan Anda, Anda bisa menaruh mesinnya di dalam cabinet atau lemari sedangkan dispensernya tetap terlihat.

Penting untuk Anda ketahui, RO yang baru dibeli jangan langsung digunakan. Saring air hingga tangki terisi penuh dan buang airnya. Lakukan ini 2x. Tujuannya agar material mikro yang terbawa tidak sengaja saat pembuatan alat hilang sehingga tangki atau catridge menjadi bersih dan bisa dikonsumsi.

Harganya pun tidak semahal RO dengan filter besar. Harga RO dengan kapasitas 10 liter berkisar Rp 1.300.000,- dan harga ini sudah termasuk dengan pemasangan. Bagaimana? Mau mencoba?

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.