Pages

Thursday 4 December 2014

PERSIAPAN PENTING MEMBANGUN RUMAH IDAMAN

Anda sedang merindukan sebuah rumah yang unik, nyaman dan menyenangkan? Tertarik dengan rumah-rumah yang ditampilkan di film-film tetapi sampai saat ini Anda belum menemukan hunia yang sesuai dengan selera Anda? Anda sudah mencari ke berbagai developer tetapi mereka tidak memiliki rumah yang Anda idamkan? Ini saatnya Anda membangun rumah idaman Anda. Anda bisa bereksplorasi dan memilih sampai hal yang terkecil sesuai kesukaan Anda. Biaya yang dikeluarkan dalam membangun rumah bisa lebih murah dibandingkan melakukan renovasi bangunan lho. Namun ada persiapan penting yang perlu Anda ketahui untuk mencegah besarnya biaya atau meminimalisir kesalahan dalam proses pembangunan rumah. Mari disimak bersama. 

1.      Gaya Rumah Idaman

Gaya rumah ada bermacam-macam. Ada rumah minimalis, arsitektur tradisional, rumah industrialis dan bahkan juga ada rumah tropis. Anda tentukan gaya hunian idaman yang ingin Anda miliki. Sesuaikan juga dengan kepribadian Anda dan keluarga. Meski mungkin selera Anda berbeda satu sama lain dengan anggota keluarga Anda namun perbedaan tersebut biasa disiasati. Namun Anda tetap perlu memperhatikan bahwa memadukan banyak konsep bisa memperburuk tampilan rumah.

Anda bisa menggunakan jasa konsultan atau arsitek jika Anda memiliki dana lebih. Tetapi jika budget tersebut tidak ada, Anda bisa menanyakan ke teman-teman atau orang-orang yang sudah berpengalaman. Anda bisa mengikuti sebuah forum diskusi di internet. Saat ini sudah banyak komunitas atau pencinta rumah termasuk para pakar yang berkumpul dan membentuk forum-forum diskusi. Para pakar dan pencinta hunian bisa memberikan petunjuk untuk menyesuaikan keinginan Anda dengan tampilan rumah. Mereka bisa membantu Anda dalam memadupadankan dengan berbagai desain. Anda dan keluarga hanya memutuskan setiap pilihan referensi yang diberikan.                


2.       Rutinitas Favorit

Rumah tidak hanya sebagai tempat istirahat dan berkumpul bersama keluarga tetapi juga sebagai tempat untuk Anda melakukan rutinitas sehari-hari dan kebiasaan-kebiasaan yang suka dilakukan. Anda bisa menanyakan ke anggota keluarga apa yang mereka tidak sukai dan sukai, begitu juga dengan diri Anda. Cara ini membantu Anda untuk mendesain area hunian dan ruangan di dalam rumah Anda. Misalnya Anda dan keluarga suka sekali berkumpul di ruang keluarga maka prioritaskan ukuran dan fasilitas serta suasana interior yang pas di ruangan tersebut. Bagi Anda yang suka sekali membaca atau melakukan aktivitas tertentu sendiri, Anda bisa membuat ruangan yang tenang dan nyaman. Atau Anda tidak suka terlalu sering menerima tamu maka Anda tidak perlu membuat ruang tamu dan kamar tamu yang besar. 


3.     Dana

Meski ini point terakhir tetapi ini adalah hal utama dan penting. Setiap keinginan Anda harus disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Jika dana Anda tidak cukup sedangkan Anda tetap menginginkan rumah idaman Anda tetap terwujud, Anda bisa mensiasatinya dengan cara membangun rumah tumbuh. Rumah tumbuh adalah rumah yang dapat dikembangkan ke arah sisi area yang ada. Misalnya dilebarkan ke samping, depan dan belakang bahkan juga bisa ke atas setelah dana Anda terkumpul. Ketika Anda memutuskan untuk membuat rumah tumbuh maka Anda perlu membuat daftar prioritas area atau ruangan apa yang akan dibangun terlebih dahulu dan apa yang akan dikembangkan kemudian.


Meski mungkin mengalami proses yang lebih lama namun membangun rumah idaman memiliki kepuasan tersendiri.  Selamat berkreasi dengan rumah idaman Anda dan Anda bisa membagikan rumah idaman Anda dengan melampirkan link di kolom comment. Terima kasih sudah mengunjungi blog Rumah Masa Kini.

Source Image from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.