Pages

Monday 22 December 2014

NOK TANPA SEMEN

Saat ini cuaca di dunia sangat tidak menentu. Cuaca berganti dengan cepat dan ekstrim. Ketika ada matahari, suhu udara sangat panas dan dalam waktu sekejap hujan turun dengan lebat beserta angin kencang dan petir. Hal ini terjadi pula di Indonesia. Perubahan seperti ini sangat memberi pengaruh ke atap rumah. Cuaca yang sangat panas menyebabkan timbulnya retak-retak pada badan karpusan. Jika keretakan ini tidak segera ditangani akan menjadi sumber kebocoran ketika hujan datang.


Biasanya perbaikannya dilakukan dengan menggunakan waterproofing. Kelemahannya penanganan seperti ini membutuhkan waktu. Pertama, semen perlu diperbaiki terlebih dulu dan Anda harus menunggu hingga kering sebelum melakukan penambalan. Kedua, bukanlah hal yang mudah untuk menemukan sumber kebocoran. Contoh jika Anda melihat kebocoran di titik 1, hal ini bukan berarti kebocoran bersumber dari titik 1. Anda perlu mengeceknya dengan membongkar karpusan dan nok. Tentu saja, cara ini pasti sangat menyusahkan Anda. Selain membuang waktu, juga mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

RIDGE

Anda tak perlu kuatir. Saat ini sudah ada metode lain yang bisa Anda gunakan. Metode ini dikenal dengan nama cerment free yang merupakan solusi pemasangan nok tanpa menggunakan semen pada bubungan. Cerment free diperkenalkan oleh John S. L. Chang, General Manager PT Satya Djaya Raya Trading Coy. Perusahaan yang memproduksi Kanmuri.

Ridge adalah sistem pemasangan bubungan untuk pengganti semen. Ridge dibagi 2 yaitu ridge tree (menara nok) dan ridge beam. Ridge tree adalah bubungan berdiri yang terbuat dari material besi baja dan berbentuk pipih dengan fungsi untuk menopang ridge beam atau  bubungan balok. Keunggulan dari ridge tree adalah penggunaan bisa diatur sesuai dengan nok dan genteng sehingga Anda tak perlu kuatir.

Ridge Beam
Ridge Tree















Namun ada hal yang perlu perhatikan. Ketika Anda menggunakan rangka baja ringan, jarak antar ridge tree maksimal 1,2 m dan jika Anda menggunakan rangka atap kayu, jarak antara ridge tree maksimal 0,8 m. Lalu untuk ukuran ridge beam (baik material baja ringan maupun kayu), ukuran standarnya adalah 4 cm x 4 cm x 4 cm.

Pengaplikasian Ridge Tree dan Ridge Beam
KEBOCORAN TIDAK TERJADI

Dengan tidak menggunakan semen, sumber kebocoran yang berasalah dari karpusan pun hilang karena pada dasarnya genteng tidak memiliki karpusan. Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk merawat dan mengecek karpusan. Area pertumbuhan lumut juga bisa ditekan sehingga atap menjadi semakin bersih.

Anda juga tidak perlu kuatir rongga dibawah nok bisa menjadi jalan air untuk masuk ke dalam atap. Biasanya jarak dari ujung nok dengan pangkal genteng 7 cm dengan kondisi kemiringan atap lebih dari 25° dan dibawah 60° sehingga air menjadi sulit naik. Bahkan jika air naik, Anda bisa melihat pangkal gentengnya karena tanggul setinggi ± 1 cm akan membuat air sulit untuk masuk ke dalam atap.

VENTILASI DI ATAP ANDA

Rongga di bawah nok membuat atap bernafas karena jika suhu di loteng panas (antara genteng dan plafon), panas tersebut akan naik ke atas bubungan dan mengalir melalui celah-celah antara nok dan genteng. Keberadaan sirkulasi di loteng juga menyehatkan Anda dan keluarga karena area ini merupakan area pembuangan udara dari dapur dan toilet. Jika udara terperangkap maka akan menyebabkan timbulnya jamur, bau dan lembap.
Figaroll

Namun jika Anda menggunakan genteng bergelombang atau non flat, Anda perlu menambahkan figarollFigaroll adalah aksesoris yang diletakkan setelah pemasangan ridge tree dan ridge beam dengan posisi berada di bawah nok. Fungsinya untuk menghalau air yang masuk melalui celah antara genteng dan nok. Kenapa genteng bergelombang wajib menggunakan figaroll? Karena di genteng non flat ada rongga yaitu antara genteng dan nok yang bisa mencapai 5 cm. Fungsi lain dari figaroll juga memungkinkan udara untuk bisa masuk karena bagian atasnya di desain seperti jaring.

Saatnya Anda beralih ke metode ini! Selamat mencoba!

Image Source from Kanmuri

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.