Pages

Wednesday 28 January 2015

KEINDAHAN TAMAN RUMAH

Jika Anda memiliki rumah, ada baiknya Anda membuat taman meskipun areanya kecil. Peran utama rumah sebagai area serapan air dan memberikan udara yang segar di rumah Anda. Tidak hanya itu, taman juga dapat menambah nilai estetika tersendiri. Yuk buat taman rumah Anda menjadi indah :)

KONSTRUKSI DAN KOMPOSISI

Taman dengan visual yang indah memiliki keseimbangan paduan warna dan bentuk, pengaturan rendah dan tingginya tanaman, serta pemakaian hard material dan soft material. Anda bisa menciptakan sensasi pada tanaman dengan kontras elemen yang digunakan. Bahkan tekstur bebatuan pun bisa membuat taman Anda menjadi eksotis dan memiliki daya tarik.

Anda bisa membuat background taman dengan cara memilih dan meletakkan tanaman yang lebih tinggi dan kelilingi taman Anda dengan jenis tanaman lain yang lebih rendah. Hal ini pun berlaku dengan peletakkan batu. Letakkan batu yang memiliki ukuran yang besar. Kemudian dilanjutkan dengan batuan lain yang lebih kecil. Anda hanya cukup menghamparkannya saja di sekelilingnya sehingga taman Anda memiliki keselarasan.


Kemudian untuk kontruksi, Anda hanya perlu menghamparkan pasir, batu, dan koral. Dengan adanya injakan atau tekanan maka batu-batu tersebut dapat melesak ke dalam tanah. Namun terlebih dahulu dibuat keras dengan semen. Tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan aerasi tanah dan draenasi.

SUHU UDARA DAN CAHAYA

Setiap tanaman memiliki karakteristik masing-masing. Hal ini terkait dengan sirkulasi udara di sekitarnya serta faktor cahaya namun intensitasnya berbeda-beda. Ada tanaman yang tumbuh subur dengan terkena sinar matahari langsung dan panas yang menyengat dan ada pula tanaman yang justru tumbuh dengan subur dalam keadaan ternaungi atau teduh.

Kondisi area yang gelap dan lembap pun menjadi faktor yang perlu Anda hindari. Karena kondisi ini bisa membuat tanaman menjadi busuk. Begitu pun dengan bebatuan yang bisa menyebabkan lumut terus berkembang.

PILIHAN TANAMAN YANG TEPAT

Lahan rumah Anda sempit? Tenang saja. Anda tetap bisa memiliki taman. Untuk lahan yang terbatas, Anda bisa membuat taman kering yang sangat praktis karena fleksibel dalam pemeliharaan dan minim perawatan. Tanaman pun bisa ditaruh di dalam pot.

Keuntungan tanaman ditaruh di pot akan memudahkan Anda jika Anda ingin menggantinya dan tanaman bisa tumbuh sesuai dengan media aslinya. Menanam di pot bisa “menahan” pertumbuhan akar dan batang tanaman agar tidak cepat besar.

Namun jika Anda tidak ingin menanam di dalam pot, Anda bisa memilih tanaman yang sesuai dengan taman kering Anda seperti jenis nanas-nanasan, lili alang, kaktus kodok, siklok, agave, kucai, pandan bali, bromelia, sansivieria. Jenis tanaman-tanaman seperti ini memiliki sifat menyimpan air yang baik sehingga Anda tak perlu rutin melakukan penyiraman.

Sungguh mudah bukan membuat indah tanaman Anda?

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.