Pages

Thursday 15 January 2015

5 TIPS MUDAH MEMBELI KERAMIK

Anda sedang merenovasi? Atau sedang membangun rumah? Keramik salah satu barang yang ada dalam daftar belanja Anda. Tapi tahukah Anda bahwa orang seringkali salah membeli keramik? Dari salah pemilihan motif hingga pembelian yang terlalu banyak. Sayangnya pembelian keramik yang sudah Anda beli, tentu tidak bisa dikembalikan. Persiapan sebelum belanja memiliki peranan yang sangat penting sebelum Anda membeli untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak Anda inginkan. 

Berikut tips mudah yang bisa Anda lakukan:

1.     Penempatan

Hati-hati dalam melakukan pemilihan keramik. Anda perlu ketahui area penempatan keramik karena setiap area memiliki tipe keramik yang berbeda. Keramik untuk area basah berbeda dengan keramik untuk area publik. Area basah seperti dapur dan kamar mandi sedangkan untuk area publik seperti carport dan teras memiliki spesifikasi yang berbeda. Tanyakan atau sampaikan kebutuhan keramik Anda kepada petugas toko supaya mereka bisa membantu Anda dalam memilih keramik yang tepat.

2.     Jumlah

Supaya tidak kelebihan membeli keramik, ada baiknya Anda menghitungnya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah. Ukur luas (panjang x lebar) lantai atau dinding yang ingin Anda taruh keramik. 1 dus keramik berisi 1 m². Hasil luas yang Anda dapatkan dibagi dengan 1 dus keramik. Anda juga perlu membeli tambahan keramik untuk cadangan. Biasanya dibutuhkan jika Anda ingin mengganti atau jika keramik pecah saat pemasangan.

3.     Tema Ruang

Setiap ruangan yang dibangun biasanya memiliki tema yang spesifik. Nah, supaya tidak salah dalam memilih motif dan warna keramik, ada baiknya Anda bertanya kepada desainer atau arsitek sehingga Anda terhindar dari kesalahan dalam memilih keramik. Contoh tema yang ada pada umumnya, seperti keintiman di ruang tidur, kesegaran di teras, dan keintiman di ruang tidur.

4.     Budget

Disiplin dengan anggaran merupakan hal yang penting dalam merenovasi atau membangun rumah. Jangan sampai budget pembelian keramik yang berlebihan membuat Anda jadi sulit untuk membeli material lain karena terpakai. Anda bisa menghematnya dengan menentukan di area mana saja yang dibutuhkan untuk ditutup keramik dan untuk area lainnya, Anda bisa memberikan alternatif lain selain keramik, yang bisa saja lebih bagus dan lebih murah dibandingkan menggunakan keramik.

5.      Kualitas

Jika Anda awam dengan produk keramik yang memiliki kualitas yang bagus, Anda bisa cek di internet sebelum membeli atau menanyakan ke petugas toko. Pada umumnya, petugas toko atau orang yang berpengalaman akan menyarakan Anda untuk memilih produk teratas. Setiap produk keramik yang berkualitas memiliki standar produksi dan memiliki kemampuan untuk mengekspor keramiknya. Produsen yang seperti ini jarang sekali menjual keramik dengan kualitas nomor dua karena biasanya di setiap kemasannya akan diberi tanda lolos uji kualitas.

Mudah bukan? Saatnya Anda membeli keramik :)

Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.