Pages

Saturday 17 January 2015

KERAMIK: MENGENAL PELAPIS LANTAI DAN DINDING SERBAGUNA

Rumah jaman dahulu atau di pedesaan lebih banyak menggunakan ubin atau sering disebut dengan tegel tradisional. Ubin tradisional terbuat dari pasir dan semen dengan daya serap air yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan rasa dingin di kaki. Beragam motif yang menarik dengan corak-corak dan lis menjadi pilihan konsumen.

Tegel tradisional ini pun memiliki kelemahan karena masih diproduksi secara rumahan dimana manusia menjadi acuan utama dalam produksi. Hal ini yang menjadi penyebab utama jumlah produksi yang dihasilkan terbatas dan sulit menerapkan kontrol untuk konsistensi bentuk dan bahan. Ditambah lagi bahan baku seringkali tidak cukup kuat untuk menahan gerusan air dan gesekan benda berat atau pun benda tajam. Gerusan air yang mudah terjadi ini dikarenakan permukaan tegel yang berpori-pori sehingga bisa membuat tampilan menjadi tidak enak dipandang dan mudah terjadi kerusakan.

SAAT MENGGANTI UBIN DENGAN KERAMIK

Segala kelemahan tegel tradisional ini bisa diatasi oleh keramik. Pembuatan yang berbeda dengan ubin menjadi keunggulan keramik. Keramik dibuat dari bahan organik yang tidak mengandung logam. Dalam prosesnya pun dibakar dalam suhu tertentu sehingga bisa memiliki kekuatan seperti yang dikehendaki.

Keramik memiliki banyak ukuran, tekstur, warna, dan motif. Proses pembuatannya membuat keramik mudah dibersihkan, kedap air, tahan lama, dan kuat. Hal ini yang membuat keramik bisa diaplikasikan di berbagai ruangan.

Anda mungkin lebih sering melihat atau mendengar pemakaian keramik lebih banyak di kamar mandi dan dapur, yang cenderung basah. Padahal keramik bisa diaplikasikan untuk dekorasi ruangan ataupun menjadi elemen hias untuk ruangan rumah Anda. Keramik yang sering digunakan untuk dekorasi biasanya dengan motif batik, besi, batu alam, dan juga yang mirip dengan motif kayu. Anda bisa memanfaatkannya untuk aksen meja taman, headboard tempat tidur dan juga aksen pada dinding.

Area luar rumah Anda pun bisa menjadi tempat untuk mengaplikasikan keramik, seperti garasi, carport, taman, atau pun teras. Keramik untuk area luar memiliki ketahanan terhadap beban yang berat karena kemampuan industri keramik saat ini membuat keramik memiliki kualitas heavy duty (kualitas berat).

Meskipun memiliki berbagai keunggulan dari segi kualitas, Anda tidak perlu kuatir dengan harganya. Harga keramik cenderung lebih terjangkau dibanding granit atau pun marmer yang berbahan batu alam.

Yuk, berkreasi dengan keramik :)


Image Source from Google

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar dan sudah mengunjungi Rumah Masa Kini. Silahkan menikmati artikel kami yang lainnya.